Rabu, 16 Desember 2009

MOTIVASI MENJADI PENGUSAHA BARU

M.Irfan
43108010198




MOTIVASI MENJADI PENGUSAHA BARU



1. Mengalahkan Mitos

Janganlah anda percaya akan mitos - mitos seputar wirausaha, misalkan ada yang mengatakan bahwa wirausaha dihasilkan dari bakat atau keturunan. Semua hal itu sebenarnya hanyalah karena kurangnya pemahaman kita tentang kewirausahaan. Sebenarnya akal, pikiran, karsa, semangat, kesempatan, waktu, pendidikan dan pengalaman merupakan benda abstrak yang dapat dijadikan sebagai modal yang tak ternilai serta yang menentukan keberhasilan dalam bisnis.

Beberapa mitos yang kita dengar ditengah masyarakat:

§ Wirausaha merupakan bakat dan keturunan

§ Pengusaha adalah pelaku, bukan pemikir

§ Wirausaha tidak bisa diajarkan atau dibentuk

§ Pengusaha adalah selalu sebagai investor

§ Pengusaha membutuhkan keberuntungan

§ Pengusaha tidak boleh gagal (selalu sukses)

§ Pengusaha adalah seperti penjudi



2. Mengubah Pola Pikir

Merubah sesuatu yang telah menjadi kebiasaan tidak mudah serta membutuhkan kerja keras dan banyak pengorbanan, apalagi menyangkut pola pikir individu. Mengubah pola piker memerlukan keberanian dan kerelaan, karena tanpa itu semua tidak akan terjadi apa – apa. Menurut McGrath dan McMillan ada 5 karakteristik yang dimiliki perusahaan:

§ Pengusaha sangat bersemangat dalam mencari peluang baru

§ Pengusaha mengejar peluang dengan disiplin yang ketat

§ Pengusaha mengejar peluang yang jelas

§ Pengusaha berfokus pada pelaksana

§ Pengusaha mengikutsertakan energi setiap orang yang ada dalam jangkauan mereka





3. Motivasi Berprestasi

Semakin orang meyakini bahwa dirinya dapat mengelola berbagai kelebihan dan kelemahan maka ia semakin yakin ia dapat mewujudkan suatu prestasi. Tidak menutup diri dan melakukan komunikasi yang efektif dapat menjadi umpan balik upaya mengenal diri sendiri. Meyakini makna prestasi adalah meyakini bahwa diri telah mengenal cara - cara mengembangkan kekuatan yang ada.

Ciri – ciri pribadi wirausaha yang berhasil:

§ Berorientasi pada tindakan dan memiliki motivasi yang tinggi

§ Dapat mendayagunakan kelebihan – kelebihan yang dimiliki secara maksimal

§ Mempunyai perilaku yang agresif dalam mencari tujuan

§ Mau belajar dari pengalaman dari waktu ke waktu

§ Mau memupuk dan mengembangkan pribadi unggul secara terus menerus

David C. McClelland mengelompokkan motivasi menjadi tiga motif social yaitu:

§ Kebutuhan berprestasi wirausaha

§ Kebutuhan akan kekuasaan

§ Kebutuhan untuk berafiliasi



4. Memanfaatkan Kekuatan Pikiran Bawah Sadar

Suatu pemikiran yang menarik melalui proses mental bawah sadar berupa imajinasi dan intuisi yang dapat membantu kemajuan usaha. Banyak gagasan berasal dari pikiran bawah sadar tetapi tidak semua orang bisa memanfaatkannya. Pada kenyataannya sebagian besar manusia hanya menggunakan sekitar 12% pikiran sadarnya dan sisanya 88% dengan pikiran bawah sadar. Dengan demikian terlihat bahwa sebenarnya pikiran bawah sadar sangat menentukan hidup ini.

Prof. George W. Ladd dalam Buchari Alma menguraikan beberapa factor yang mendorong produktivitas pikiran bawah sadar:

§ Sikap ragu ragu (doubt)

§ Sikap berani (venturesome attitude)

§ Pengalaman, memori, dan ketertarikan

§ Kesiapan yang sempurna

§ Menyerah sementara

§ Istirahat (relaxation)

§ Menulis (writing)

§ Bertukar pikiran (change mind)

§ Bebas atas kebingungan

§ Batas waktu (deadlines)

§ Tensi (tension)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar